10 Kesalahan Pemula pengguna Mobil Manual

10 Kesalahan Pemula pengguna Mobil Manual

Berikut adalah Hal terlarang bagi pengemudi mobil manual,yaitu :

1.Menghidupkan Mesin Saat Gigi Masuk

Apabaila menghidupkan mobil sebaiknya di Netralkan dahulu,ketika posisi gigi masuk dan kopling tidak diinjak saat menghidupkan mesin akan membuat bahaya bagi pengendara dan kendaraan.

2.Start di Gigi 2

Apabila start di gigi 2 akan membuat beban mobil dan mesinnya jadi berat,karena posisi gigi itu ada tugas masing-masing.

3.Saat Start lepas Kopling Sambil Ngegas

Cara Start jangan dibiasakan ketika menggunakan mobil karburator,karena mobil sekarang sudah menggunakan injeksi,jadi cara startnya tinggal lepas kopling pelan-pelan tanpa digas.kalo hal itu dilakukan akan membuat boros kopling dan juga bensin.

4.Mengistirahatkan Tangan di Tuas Gigi

Kesalahan ini ketika mengistirahatkan tangan di tuas gigi atau menempelpelkan pastinya tuas gigi akan tertekan dan akan membuat kerusakan di bagian transmisi.

5.Ngerem Kecepatan Tinggi nginjak Kopling dulu

Jadi kalo ngerem pakai kopling dulu otomatis ada kemungkinan akan meluncur lebih cepat lagi.jadi cara ngerem yang benar yaitu ngerem dulu sampai kecepatan sangat rendah baru diinjak koplingnya.

6.Meletakan Kaki di Pedal Kopling

Mengistirahatkan kaki di pedal kopling akan membuat kopling jadi tertekan dan akan membuat boros kopling dan akhirnya bisa bikin sleep dan panas akhirnya kebakar,makanya kadang-kadang bau ada yang kebakar.Jadi sebaiknya kalo mau mengistirahkan kaki harus bener-bener ada di lantai.

7.Oper Gigi Saat Mesin Meraung

Oper Gigi setelah suara mesin meraung itu sangat salah,yang bener adalah di RPM nya 2.500-3.000 baru oper gigi.Jadi saya sarankan oper giginya di RPM 3.000 jangan sampai lebih,karena nanti kasihan mesinnya.

8.Macet tidak Menetralkan Gigi

Saat di lampu merah sebaiknya gigi dinetralkan dan di rem tangan,jadi biar kaki istirahat.Yang dikhawatirkan kalo seandainya kalo gigi masuk terus kaki kiri lupa terangakat akan membuat mobil berjalan.untuk cara start nya lepas kopling pelan-pelan asal jalan.

Baca Juga :   APAKAH BENAR ORANG INDONESIA SUKA KATA SANDI ATAU PASSWORD YANG LEMAH INI HASIL SURVEINYA…..!!!

9.Terlalu Cepat/Lambat Memindah Gigi Saat Menanjak

Terlalu Cepat/Lambat Oper gigi ditanjakan seperti tanjakan panjang,kalo kiranya mobil sudah ngga kuat itu resikonya akan mundur bisa juga mati mesin,Tapi kalo terlalu cepat itu juga bisa meraung.Hal itu akan membuat komponen transmisi gearbox dan produk kopling dan yg lainnya juga.

10.Tidak Memanfaatkan Rem Mesin / Engine Break

Ketika di posisi turunan pasti ada yang berfikir untuk mentralkan gigi biar irirt,hal itu sangat salah,karena kalo sudah netral artinya tidak bisa menggunakan Engine Break dan sangat membahayakan karena nanti kecepatannya akan bertambah cepat.Jadi usahakan ketika di turunan gigi harus masuk.

Itulah Tips-tips kesalahan mengemudi mobil manual,semoga bermanfaat.