Inilah 9 Cara Merawat Motor Matic Dengan Benar

Inilah 9 Cara Merawat Motor Matic Dengan Benar

Sudah banyak sekali pengguna motor matic di Indonesia,baik perempuan maupun laki-laki.Meski tidak terlalu berbeda dengan motor pada umunya namun motor matic yang memakai sistem pembakaran karburator mapun injeksi sangat membutuhkan perawatan khusu yang lebih telaten.

Naah berikut cara – cara merawat motor matic yang benar

 

1.Perawatan Aki

Sedikit susah mengetahui kondisi aki yang terdapat pada motor matic,sehingga pengguna motor tersebut kebanyakan mengalami  mati aki.Jika sudah seperti itu sepeda motor akan kehilangan power.dan yang menjengkelkan disaat motor matic tersebut mati harus menghidupakannya menggunakan kick starter.Namun jika tidak ada kick starter seperti pada motor matic jaman sekarang,motor tersebut akan mengalami mati total.disarankan untuk para pengguna motor matic agar tidak sering menganggurkan motor tersebut,dan mengganti aki jika aki sudah mulai lemah.

Baca Juga :   Cara Mencari Uang di Tiktok

2.Rutin Menghidupkan Motor di Setiap Hari

Menghidupkan motor matic adalah salah satu cara merawat mesin motor agar oli yang didalam mesin bisa bersikulasi dengan baik,sehingga performa mesin akan lebih maksimal.Menghidupkan motor matic hanya 5-10 menit saja sudah lebih dari cukup disetiap harinya untuk menjaga mesin dan aki agar selalu dalam kondisi baik.

3.Cek Kondisi Vanbelt

Cek Vanbelt merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh pengguna motor matic.Vanbelt terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus ditengah jalan sehingga motor tidak bisa berjalan lagi.Oleh karena itu sering-sering cek kondisi vanbelt,usahakan pakai suku cadang originalnya supaaya motor matic tersebut lebih terjamin dan lebih awet pastinya.

4.Rutin Ganti Oli

Perawatan motor matic kali ini termasuk golongan yang paling penting,karena jika motor tersebut telat ganti oli akan berakibat buruk pada mesin motor tersebut.disarankan untuk pergantian oli dilakukan setiap 1.000 KM atau 3 bulan sekali.Namun oli juga tidak hanya dimesin,ada juga oli di gardan,untuk pergantian oli gardan bisa dilakukan pergantian disetiap 5.000 KM.

Baca Juga :   Cara Mencari Uang di Tiktok

5.Servis Rutin di Bengkel

Servis rutin merupakan hal penting bagi motor matic.Biasanya meliputi ganti oli dan pengecekan-pengecekan komponen-komponen lainnya.Disarankan untuk servise dibengkel resmi motor tersebut.

6.Jangan Kehabisan BBM

Kebiasaan buruk yang sering terjadi pada pengguna motor adalah kehabisan bahan bakar .Kehabisan bahan bakar itu bisa merusak mesin serta merusak sistem pembakaran motor tersebut.Oleh karena itu motor matic jangan sampai indikator menjukan bahan bakar E atau sampai berkedip.

7.Menyesuaikan Kecepatan dengan RPM Mesin

Kebiasaan buruk ini sering dijumpai di lampu merah atau ketika baru memulai mengendarai.Kebanyakan pengendara motor matic langsung tancap gas ketika mulai jalan,Namun tanpa disadari kebiasaan tersebut dapat merusak komponen mesin dan juga penggerak motor tersebut.

Baca Juga :   Cara Mencari Uang di Tiktok

8.Mematikan Mesin dengan Standar Samping

Standar Samping adalah sistem keamanan yang terdapat pada motor matic,namun jika sering mematikan motor matic menggunakan standar samping tanpa disadari itu akan menguras umur aki motor tersebut,karena motor matic saat standar samping dengan kondisi kunci menyala lampu speedometer dan sejenisnya menyala,sedangkan untuk mesin nya mati.

9.Pakai Bahan Bakar Baik

Bahan Bakar adalah konsumsi motor disetiap harinya,oleh karena itu jika motor ingin lebih awet,pakailah bahan bakar resmi dan memenuhi SNI.

 

Demikian cara-cara merawat motor matic,Semoga Bermanfaat.