INILAH ALASAN YOUTUBE SEMBUNYIKAN JUMLAH DISLIKE…!

Pada awal tahun ini youtube sudah melakukan eksperimen berkaitan penyembunyian jumlah dislike untuk membantu mengurangi dislike attacks yang di alami oleh para creator, dan hasil analisinya pada bulan juli terjadi penurunan jumlah yag menekan tombol dislike pada video yang di tonton sehingga  YouTube berencana menyembunyikan jumlah dislike di semua video yang ada di platformnya.

Tetapi penonton masih bisa menekan tombol dislike karena yang di hilangkan hanyalah jumlah penonton yang menekan dislike, tombol dislike berguna untuk mendapatkan rekomendasi video YouTube Ketika pertama kali membukanya, para creator masih dapat melihat jumlah dilike melalui fitur YouTube studio.

Langkah ini di ambil YouTube untuk membuat para creator punya kesempatan untuk sukses dan merasa aman dan nyaman dalam mengekspresikan dirinya dan tercipta lingkungan yang sehat, ini adlaha satu dari berbagai cara yang dilakukan YouTube untuk melindungi para creatornya apa lagi yang sedang mulai merintis dari tindak pelecehan.

Pro dan kontra, setuju dan tidak setuju pasti ada karena jumlah dislike juga bisa menjadi tolak ukur video tersebut layak atau tidak untuk di tonton dan hal itu sangat berguna sekali untuk para penonton YouTube, tetapi pihak YouTube menerangkan bahwa riset yang telah dilakukan menujukan tidak  ada nya hubungan antara jumlah penontoon dan jumlah dislike yang ada pada sebuah video yang di unggah di YouTube

Rencananya youtube akan menerapkan Langkah ini secara bertahap namun belum di jelaskan secara detail kapan di Indonesia di terapkan kebijakan ini. Dengan di terapkan kebijakan ini diharapkan tidak lagi ada yang memanfaatkan fitur dislike untuk menjatuhkan suatu video, dan mungkin akan bermafaat untuk para creator karena bisa meminimalisir rasa malu dan stress kerana jumlah dislike tidak terpublis.

Baca Juga :   Twibbon Harlah NU 2022

Semoga di terapkannya kebijakan kebijakan ini membuat konten kreator pemula atau yang baru merintis tidak mudah terkena serangan dislike . karena biasanya kreator pemula lah yang rawan mendapatkan dislike masal dan semoga kebijakan ini bisa membuat persaingan yang sehat antar krreator YouTube.