Apa Perbedaan Hosting dan Domain

Apa Perbedaan Hosting dan Domain

Apa Perbedaan Hosting dan Domain. Tentu kita sering mendengar tentang keduanya, apalagi jika Anda adalah pemilik sebuah website, Anda membutuhkan dua hal ini untuk memenuhi kebutuhan situs Anda.

Ada perbedaan di antara keduanya, tetapi kedua fitur tersebut saling terkait. Tanpa keduanya, situs Anda saat ini tidak akan dapat diakses oleh internet atau pengunjung, juga tidak akan online.

Jika hosting diibaratkan sebagai rumah, maka domain adalah sebuah alamat. Tanpa domain, hosting tidak dapat diakses dan tidak akan berfungsi. Selain itu, tanpa hosting, domain Anda tidak akan berfungsi karena Anda tidak akan dapat mengakses situs Anda.

Sebelum memutuskan untuk menyewa domain dan hosting, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan dari keduanya. Mulailah dengan fitur dan bagaimana mereka saling berhubungan untuk memenuhi kebutuhan situs web Anda.

Perbedaan Hosting dan Domain Untuk Anda Ketahui

Semua informasi di situs disimpan di ruang penyimpanan data hosting. Contoh domain adalah alamat website yang biasanya Anda akses dengan akhiran .com, .id, .net, dan lain sebagainya. Kedua fitur tersebut saling terkait dan dijelaskan di bawah ini.

1. Berdasarkan Fungsi

Dilihat dari kedua fitur tersebut, fitur dari kedua media ini cukup berbeda. Namun, kedua fitur ini saling terkait dan telah terbukti melayani kebutuhan situs dan telah digunakan sejak lama.

Hosting disebut ruang penyimpanan, dan semua data berupa file, gambar, foto, dll disimpan di ruang penyimpanan hosting. Dalam hal ini, koneksi untuk layanan ini cukup lebar sehingga dapat terhubung ke beberapa perangkat.

Bedanya dengan domain adalah media ini berfungsi untuk memudahkan akses ke situs tertentu dan nantinya meneruskan perangkat ke alamat IP. Mengizinkan perangkat terhubung ke alamat IP, seperti yang dimungkinkan oleh fitur domain.

2. Bentuk Keduanya

Perbedaan antara hosting dan domain berikut didasarkan pada dua format. Kedua format ini sangat berbeda: domain ada di alamat situs, tetapi hostingnya bisa tidak terlihat atau tidak terlihat.

Hosting dapat dilihat dalam bentuk software atau hardware. Dalam bentuk perangkat keras, seperti RAM, prosesor, hard disk, dan sebagainya. Tapi jika dalam bentuk software, bentuk itu tidak terlihat dan tumbuh lebih besar di website.

Domain dapat dilihat dalam bentuk URL, tetapi berada di akhir alamat situs tertentu. Anda mungkin familiar dengan mencari alamat situs yang diakhiri dengan .com, .co.id, .id, atau ac.id.

3. Tugas Domain dan Hosting

Perbedaan berikutnya antara hosting dan domain terletak pada kedua tugas dalam hal kemampuan hosting. Bahkan, layanan online ini membantu Anda menyimpan data Anda secara online. Domain juga membantu membuat perangkat Anda lebih mudah diakses ke alamat situs Anda.

Tapi ada tugas lain di keduanya. Hosting juga bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai fitur ke situs web Anda, seperti gambar, video, dan ikon lainnya. Layanan ini juga membantu menjaga stabilitas server situs Anda.

Saat pengunjung mengunjungi situs web Anda, Anda memerlukan koneksi yang stabil agar mereka dapat dengan mudah mengakses situs web Anda tanpa terganggu oleh kegagalan server. Namun, tergantung pada ruang di server hosting setiap situs web, koneksi server.

Kedua, tugas domain adalah memudahkan pengguna mengakses alamat website tanpa domain. Situs tidak dapat dikembangkan dan pengguna tidak dapat terhubung tanpa bantuan media.

Perbedaan antara keduanya cukup berbeda, tetapi tanpa bantuan kedua layanan ini, situs Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

Setelah mengetahui perbedaan antara hosting dan domain, Anda dapat memutuskan layanan hosting dan domain mana yang terbaik untuk situs web Anda.